Doktor FKG UI Raih Predikat Cumlaude dengan Teliti Implikasi Periodontitis terhadap Hendaya Kognitif

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) menggelar sidang terbuka Program Doktor Ilmu Kedokteran Gigi dengan promovendus drg. Fatimah Maria Tadjoedin, Sp.Perio dan menetapkannya sebagai Doktor Kedua Tahun 2021 dan merupakan lulusan Doktor ke-120 dengan predikat cumlaude sempurna (4.0) pada Rabu, 30 Juni 2021 secara daring melalui platform zoom dan live streaming melalui kanal Youtube Dentistry UI. Dr. Fatimah menyampaikan disertasi yang berjudul “Implikasi Periodontitis terhadap Hendaya Kognitif melalui Status Periodontal dan Komposisi Mikrobiota Subgingiva (Model Prediksi Status Kognitif).

Sidang promosi doktor ini diketuai oleh Prof. Dr. M. F. Lindawati S.Kusdhany, drg., Sp.Pros(K) (Dekan FKG UI), dengan promotor Prof. Dr. Sri lelyati, drg., S.U., Sp.Perio(K), ko-promotor Prof. Dr. M. F. Lindawati S. Kusdhany, drg., Sp.Pros(K) dan Prof. drg. Boy M. Bachtiar, M.S., Ph.D., PBO. Tim penguji pada sidang tersebut adalah Prof. Dr. Yuniarti Soeroso, drg., Sp.perio(K); Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S; Prof. Dr. Tri Budi W. Rahardjo, drg., M.S.; Prof. Dr. dr. Raden Irawati Ismail, Sp.KJ(K), M.Epid; dan drg. Melissa Adiatman, Ph.D.

Dalam sidang tersebut, Dr. Fatimah memaparkan periodontitis merupakan penyakit multifaktorial kronis yang ditandai dengan kerusakan jaringan pendukung gigi. Periodontitis menjadi masalah kesehatan masyarakat karena prevalensinya yang tinggi, dapat menyebabkan kehilangan gigi, serta mengganggu fungsi pengunyahan dan kualitas hidup. Penuaan populasi global berdampak pada peningkatan prevalensi periodontitis dan penyakit degeneratif kronis termasuk demensia. Individu dengan hendaya kognitif berisiko untuk terjadinya demensia. Identifikasi faktor risiko sangat penting dalam mencegah hendaya kognitif maupun demensia di masa depan.

 

Links:

https://fkg.ui.ac.id/doktor-fkg-ui-raih-predikat-cumlaude-dengan-teliti-implikasi-periodontitis-terhadap-hendaya-kognitif/

X