Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia Mengadakan Pengabdian Masyarakat SEHATI “Senyum Sehat Ibu Hamil”

Pada tanggal 14 November 2021, Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa bakti sosial kepada ibu hamil di wilayah Pontianak, Bandung, dan Depok. Kegiatan ini mengusung tema “SEHATI, Senyum Sehat Ibu Hamil”.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan ibu hamil akan pentingnya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut serta informasi lain seputar kehamilan. Kegiatan ini diikuti oleh 90 peserta yang terdiri dari ibu hamil, kader kesehatan, bidan puskesmas, dan kepala puskesmas dari masing-masing wilayah dan juga dihadiri oleh Ketua dan Staf Pengajar Program Studi Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas FKG UI serta mahasiswa Program Magister Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas FKG UI.

Koordinator bakti sosial SEHATI, drg. Nuzulisa Zulkifli memberikan pengantar, “Baksos SEHATI ini diharapkan dapat tetap dilaksanakan secara berkesinambungan karena ada keterlibatan pihak puskesmas sebagai pendamping para ibu hamil peserta kegiatan yang akan terus memonitor kesehatan gigi dan mulut ibu hamil dan dapat mereplikasi program ini kepada para ibu hamil lainnya sehingga tujuan akhir untuk meningkatkan derajad kesgilut mulai dari ibu hamil ini dapat terwujud”.

Bentuk kegiatan bakti sosial ini terbagi menjadi beberapa kegiatan diantaranya penilaian kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan oleh masing-masing individu ibu hamil (self-assessment) melalui google form, penyuluhan edukasi dan promosi kesehatan gigi dan mulut serentak melalui aplikasi meeting ZOOM, hands-on dan praktik lansung tindakan kebersihan gigi dan mulut oleh masing-masing individu ibu hamil, konsultasi online via aplikasi smartphone Gigi.id dan grup WhatsApp, dan pemberian donasi berupa paket kesehatan gigi dan mulut untuk ibu hamil (sikat gigi, pasta gigi berfluoride, fluoride varnish, disclosing solution dan baking soda).

 

Links:

https://fkg.ui.ac.id/program-studi-magister-ilmu-kedokteran-gigi-komunitas-fakultas-kedokteran-gigi-universitas-indonesia-mengadakan-pengabdian-masyarakat-sehati-senyum-sehat-ibu-hamil/

X