Kerja Sosial Berupa Penyuluhan Dan Operasi Celah Bibir & Lelangit Departemen Bedah Mulut Dan Maksilofasial FKG UI Tahun 2021

Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia mengadakan Kerja Sosial (Kersos) berupa penyuluhan tentang celah bibir dan lelangit dan operasi celah bibir dan lelangit gratis bagi warga Pandeglang, Banten pada 20-21 November 2021.

Acara yang dihadiri oleh staf konsulen, alumni dan residen bedah mulut dan maksilofasial ini diadakan di RSUD Berkah Pandeglang, dengan Dr. drg. Dwi Ariawan, MARS., Sp.BM(K) sebagai ketua umum.

Menurut Ketua Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG UI, Dr. drg. Lilies Dwi Sulistyani, Sp.BM(K) “acara Kersos tahun ini merupakan kegiatan keempat belas dari seluruh agenda rutin tahunan Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG UI, dan merupakan kali kedua yang dilakukan di Kabupaten Pandeglang” ujarnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Dr. drg. Benny Sjariefsjah Latief, Sp.BM(K). selaku Guru Besar dan Sekretaris Departemen BMM FKG UI, serta dihadiri oleh Kabid Yanmed dan Plt. Sekretaris RSUD Berkah, dr. Cut Budiarti Emasanda.

Kersos tahun ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tahun sebelumnya, untuk melayani pasien-pasien celah bibir dan lelangit yang belum mendapatkan kesempatan operasi serta untuk melanjutkan operasi celah langit-langit bagi pasien yang telah dilakukan operasi celah bibir di tahun 2020.

Seluruh kegiatan Kersos 2021 dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, baik dari panitia, operator, serta pasien dan keluarga.  Menurut Ketua Umum kersos Dr. drg. Dwi Ariawan, MARS., Sp.BM(K), pada Kersos 2021, telah terlaksana 13 operasi labioplasti dan 7 operasi palatoplasti, dengan total 20 pasien operasi dan kegiatan penyuluhan tentang celah bibir dan lelangit dihadiri kurang lebih 50 peserta serta kader kesehatan dan bidan. Hal ini dapat terwujud atas dukungan dari pihak RSUD Berkah Pandeglang, Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Serang.

Terlaksananya kegiatan ini juga tidak lepas dari peran serta dan dukungan dari pimpinan FKGUI, seluruh staf dan PPDGS Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial FKGUI, alumni, serta sahabat baik dari dalam maupun luar negeri. Diharapkan kegiatan Kersos ini dapat terus terlaksana setiap tahunnya.

 

Links:

https://fkg.ui.ac.id/kerja-sosial-berupa-penyuluhan-dan-operasi-celah-bibir-lelangit-departemen-bedah-mulut-dan-maksilofasial-fkg-ui-tahun-2021/

X